Iklim sedang ditemukan 50 sampai 60 derajat utara dan selatan khatulistiwa. Mereka pada dasarnya terdiri dari dua varietas, yaitu tipe kontinental dan tipe maritim.

Tipe Kontinental

Stasiun-stasiun yang terletak di zona beriklim jenis ini terletak cukup jauh dari badan air seperti laut atau samudra. Oleh karena itu, efek moderasi laut tidak mencapai mereka. Akibatnya, musim panas cukup hangat dengan maksimum hujan musim panas dan musim dingin cukup dingin. Jenis iklim seperti itu dikenal sebagai benua. Di Eropa, Moskow mungkin adalah Kumpulan berita terlengkap dan terpercaya contoh terbaik dari iklim kontinental sedang. Di Moskow, musim panas bisa sangat hangat dan bulan terpanas biasanya di atas 70 F. Ini cukup tinggi untuk garis lintangnya sekitar 52 N. Ini karena fakta bahwa daratan Eurasia Besar, di mana Moskow berada, menjadi cukup hangat di musim panas.

Di musim dingin justru sebaliknya dan rendah malam hari bisa turun serendah 0 F. Ini lagi-lagi karena efek kontinental dan lokasi yang jauh dari laut. Curah hujan diterima sebagian besar di musim panas meskipun Moskow mendapat curah hujan moderat di hampir setiap bulan dalam setahun.

Di belahan bumi selatan, karena tidak adanya massa daratan yang besar, tipe kontinental tidak termanifestasi dengan baik di lokasi tertentu.

Iklim Maritim

Contoh terbaik adalah London. Berbeda dengan Moskow, itu tidak menjadi begitu hangat di musim panas atau begitu dingin di musim dingin; berkat kedekatannya dengan Samudra Atlantik dan pengaruh moderat dari Drift Atlantik Utara. London mendapatkan curah hujan di setiap bulan tetapi curah hujan musim dingin lebih terasa daripada musim panas.

Adapun suhu, mereka cukup moderat untuk garis lintang 51 N. Rata-rata bulan terpanas adalah 60 F sementara bahkan selama puncak musim dingin, suhu jarang turun di bawah 30 F.

Di belahan bumi selatan, Auckland, di Selandia Baru memiliki iklim yang serupa. Tasmania di Australia juga merupakan contoh iklim sedang maritim. Di kedua daerah ini musim panas dan musim dingin ringan karena pengaruh moderat dari laut.

Singkatnya, iklim sedang memiliki dua kategori besar, yaitu kontinental dan maritim. Yang pertama memiliki curah hujan maksimum adalah musim panas sedangkan yang terakhir memiliki lebih banyak curah hujan adalah musim dingin.

 

 

Iklim Sedang

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *